Blog

Pandemi Covid-19 Pengantar Hidup Minimalis

Apa kabar ruhiyah selama pandemi? Apa kabar jasadiyah selama pandemi? Apa kabar fikriyah selama pandemi? Sepertinya kegiatan dan ritme manajemen #LightSeekers ada yang berubah yaa, mimin pun rasakan kok Mimin coba mengamati, PHK di mana-mana, gaji dipotong, kerja di rumahkan, barang apa pun dijualin, status WA hampir semua jualan? MaasyaAllah, itulah ikhtiar untuk tetap bertahan …

Pandemi Covid-19 Pengantar Hidup Minimalis Selengkapnya »

Mari Kita Mengenal Ayat Seribu Dinar

Yang dimaksud dengan ayat seribu dinar adalah Surah Ath-Thalaq ayat 2-3. Mengamalkan suatu ibadah tanpa landasan, itu ga banget. Layaknya hoax gitu, kalo bahasa syariahnya “”bid’ah””. Lalu kenapa sih istimewanya ayat 2 dan 3 Surah Ath-Thalaq sehingga disebut ayat seribu dinar? Dinamakan seribu dinar, karena banyak orang yang percaya jika hafal atau membaca ayat (doa) …

Mari Kita Mengenal Ayat Seribu Dinar Selengkapnya »

Duaaarr!

(Ceritanya) suara mengggelegar terdengar dari langit; datang bersama kilatan. Terkejut dong? Iyalah pasti. Kalau engga mungkin lagi merem sambil pake hedset volume maksimal tuh. HEHEHE Biasanya seseorang yang terkejut akan menunjukkan jiwa (sifat) aslinya. Nah kita gimana ya pas lagi terkejut? *Note: Menurut KBBI terkejut adalah terperanjat atau kaget karena adanya hal yang munculnya tiba-tiba …

Duaaarr! Selengkapnya »

Tips Murojaah Hafalan Alquran ala #LightSeekers

1. Murojaah 5 Waktu Tipe yang pertama ini dilaksanakan sebelum atau pun sesudah sholat fardhu. Nah banyaknya ayat atau lembar yang dimurojaah itu kembali pada target #LightSeekers 2. Murojaah di Sepertiga Malam Tipe kedua ini memiliki kelebihan; Membawa atmosfer ketenangan. Sebagaimana firman Allah: اِنَّ نَاشِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْـًٔا وَّاَقْوَمُ قِيْلًاۗ “”Sungguh, bangun malam itu …

Tips Murojaah Hafalan Alquran ala #LightSeekers Selengkapnya »

Sabar itu kek apa sih definisinya?

لَّقَدْ كَانَ فِى يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِۦٓ ءَايَٰتٌ لِّلسَّآئِلِينَ Kalau kita buka terjemahan, arti dari kalimat yang terang itu adalah “tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang yang bertanya.” Siapa sih yg Allah maksud? Mereka adalah orang-orang yahudi yang penting banget gitu, dateng kepada orang arab quraisy. Mereka mendengar Nabi SAW bercerita tentang kisah Yusuf. Ketika orang yahudi ini …

Sabar itu kek apa sih definisinya? Selengkapnya »

Masih semangat kan ngafal Al-Qur’annya #LightSeekers?

Berikut mimin coba share tips menghafal. Yuk disimak ya 🙂 Tips Menghafal Al-Qur’an ala KH. Deden Muhammad Makhyaruddin (Founder Indonesia Murojaah) Metode itu di antaranya menggunakan cara 4M. Apa itu 4M? 1. M yang pertama adalah MELIHAT Beliau lihat huruf per huruf hingga kata per kata satu per satu dengan durasi cepat dan terbayang hingga …

Masih semangat kan ngafal Al-Qur’annya #LightSeekers? Selengkapnya »