Blog

Ngapain Sih Ngurusin Hidup Orang?

“Urus aja deh hidup masing-masing” “Biarin kalo ada yang lagi ditimpa masalah, biar dia selesain sendiri” “Kalo ada yang berbuat buruk, ya biarin aja. Kan dia sendiri yang nanggung” Kira-kira, sikap kayak ini wajar gak sih dimiliki seorang muslim? Padahal, Allah ﷻ udah mention semua manusia itu dalam keadaan merugi, kecuali salah satunya orang-orang yang …

Ngapain Sih Ngurusin Hidup Orang? Selengkapnya »

Memang Salah Ya Aku Nasehatin Dia

Ketidakenakan hati ketika mata melihat perbuatan orang lain yang kurang pas, membuat lisan ingin segera langsung menasehatinya. Kadang, tanpa berpikir dahulu dan tanpa melihat situasi sekitar, lisan itu langsung berucap, “Eh, ga gitu tau. Cobalah baca Al-Quran Surah…” Sontak orang yang mendapat umpan berupa nasehat itu tertunduk, bahkan sampai matanya mengularkan air kesedihan yang biasa …

Memang Salah Ya Aku Nasehatin Dia Selengkapnya »

Yuk Ngutang (?)

Sadar nggak, pas mau nonton youtube, sering ada iklan-iklan kredit pinjaman yang lewat? Atau pas buka aplikasi di hp, gitu? lya, yang ngajak download aplikasi kredit dengan 0% bunga (katanya), yang pastinya dengan syarat dan ketentuan tertentu. Rasanya makin banyak hal yang ‘kelihatan’-nya memudahkan kita dalam hidup, namun kalau diperhatikan lagi, ternyata mengandung unsur ribawi-keharaman. …

Yuk Ngutang (?) Selengkapnya »

Mata Air Itu Murni

Pada dasarnya semua air yang mengalir adalah bersih karena ia berasal dari mata air yang murni, mengalir terus memperluas gerakannya menerjal arahnya nan terus membuat jalur. Dari satu tempat ke tempat lain mengikuti permukaan dan akhirnya air menempati tempatnya. Sebagai sumber kehidupan, air menjadikan seluruh penghuni bumi membutuhkannya. Namun seiring berjalannya waktu, akibat kelalaian manusia …

Mata Air Itu Murni Selengkapnya »

Tak Ada Abu-Abu Dalam Islam

Campuran warna hitam dan putih rupanya tak terjadi dalam hukum islam. Karena halal dan haram tak kan pernah bisa dibaurkan menjadi abu-abu. Bicara halal dan haram, tentunya tidak hanya tentang makanan, melainkan mencakup seluruh aspek kehidupan, dan salah satunya adalah uang yang kita dapatkan. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak pula kebutuhan. Dirasa perlu memiliki …

Tak Ada Abu-Abu Dalam Islam Selengkapnya »

Hei, Itu Bid’ah!

Pernahkah #lightseekers melihat ataupun mendengar orang yang sering membid’ah-bid’ahkan orang lain? Biasanya, orang yang berbicara seperti itu orang yang memang tau bahwa yang dilakukan adalah keliru. Tak ada yang salah saat hendak menasihati ataupun meluruskan apa yang keliru, namun seringkali kurang baik dalam hal menyampaikan. Karena tak setiap orang akan menerima nasihat sekalipun disampaikan dengan …

Hei, Itu Bid’ah! Selengkapnya »

Lagi Halangan Kok Pegang Mushaf Sih?

Kamukah orang yang tak bisa jauh-jauh dari Al-Qur’an? Atau kamukah orang yang sedih karena ketika haidh tidak bisa tilawah? Lalu suatu hari kamu dikejutkan oleh seorang wanita yang kamu tahu sedang haidh, namun dia memegang mushaf. Terkejut bukan? Kekepoan pun timbul pada diri, tak berani menanyakan, namun berani menyalahkan tindakan saudarimu itu. Jika kamu memiliki …

Lagi Halangan Kok Pegang Mushaf Sih? Selengkapnya »

Banyak, Tak Selamanya Hebat

Ribuan kalimat dzikir yang terucap setiap hari akan terlihat sangat baik. Begitu pula dengan puluhan rakaat shalat yang ditunaikan setiap harinya. Namun, sebelum beramal, ingatlah pada kisah Abdullah bin Amr yang pernah Rasulullah ﷺ tegur karena berpuasa setiap hari tanpa jeda kecuali buka di kala magrib. Rasulullah ﷺ yang mengetahuinya, lalu menasihatinya dan menganjurkan untuk …

Banyak, Tak Selamanya Hebat Selengkapnya »

Amal yang ‘Merusak’

Dalam mengerjakan shalat, ada rukun yang harus kita ketahui dan lakukan. Sebelum mengeluarkan zakat, ada hitungan yang mesti kita cermati. Saat membaca Al-Qurian, ada ilmu tajwid yang baiknya kita pelajari. Setiap muslim dituntut “tuk membekali diri dengan ilmu agar bisa menjalankan ibadah dengan benar. Kita dituntut memprioritaskan ilmu sebelum melakukan aksi, program, ataupun amal itu …

Amal yang ‘Merusak’ Selengkapnya »