Barang Mewah Akhir Zaman

Wah apa tuh?
Ukhuwah adalah barang mewah akhir zaman ini. Benar! Karena ga di jual di pasar mana pun.

Lalu, di manakah dia? Ukhuwah ada di dalam jiwa-jiwa orang beriman yang merindukan persahabatan, persaudaraan, dan tegaknya nilai-nilai Islam dalam kehidupan.
The Real ukhuwah itu saat satu muslim dengan muslim lainnya saling menyayangi dan mengasihi karena Allah. Uhuy!

Gimana tuh? Untuk mudahnya kita murojaah sirah kuy, mengenai ukhuwah antara kaum anshar dan muhajirin.

وَالَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ وَالْإِيمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِمَّا أُوتُوا وَيُؤْثِرُونَ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۚ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) ‘mencintai’ orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung”. (QS. Al-Hasyr ayat 9)
Begitulah bentuk RahmahNya Allah, Dia ingin berkata kepada kita, “Wahai hambaku yang beriman, segala sesuatu yang pada umat terdahulu akan terulang kembali pada kehidupan zaman ini. Maka, ketika kalian menghadapi masalah, jangan pusing gimana cara menyelesaikannya. Tapi bukalah Al-Qur’an, di sanalah kalian akan menemukan solusinya.”

Apa yang terjadi pada muslim Rohingya merupakan bukti nyata Rahmah Allah, Dia ingin menguji keimanan kaum muslimin dan alhamdulillah muslim Aceh telah lolos ujian itu layaknya kaum Anshar yang telah menolong kaum Muhajirin.
Tradisi laut Aceh adalah jika akan melaut dan menemukan mayat, maka harus segara memindahkan ke tempat yang selayaknya.

Jika mereka merasa kelaparan saat kondisi sedang ada tamu, maka mereka akan mendahulukan tamu mereka.

Mereka menerima muslim Rohingya karena alasan kemanusiaan sekaligus keimanan.

Ya, begitulah muslim sejati yang telah Allah persatukan hati-hati mereka.

Allah telah sebutkan hal ini di dalam Al-Qur’an, surah dan ayat berapa kah itu? Lanjut di kolom komentar ya #LightSeekers
Barakallah fikum ^^

Link Instagram:
https://www.instagram.com/p/CCqi_CRsBPJ/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *