Admin Guidelight

Dikumpulkan dengan Yang Diidolakan

Jikalau Allah ﷻ memberikanmu doa yang pasti terkabulkan. Jikalau Allah ﷻ memberikanmu balasan terindah berupa surga. Dan Jikalau Allah ﷻ memberikanmu kesempatan untuk bertemu sosok idolamu di surga. Maka, siapakah yang ingin kamu temui #LightSeekers? Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bercerita: “Pernah seorang lelaki datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu dia bertanya: “Wahai Rasulullah, …

Dikumpulkan dengan Yang Diidolakan Selengkapnya »

Ambillah Teladan dari Mereka yang Telah Wafat

Pribadi kita itu tergambarkan dari; dengan siapa kita bersahabat, apa yang kita diskusikan, buku apa yang kita baca, siapa yang kita follow di media sosial, serta siapa yang sering kita jadikan rujukan dan panutan saat senang maupun susah. Lantas, branding diri seperti apa yang ingin kita bangun? “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri …

Ambillah Teladan dari Mereka yang Telah Wafat Selengkapnya »

Lihatlah Siapa Role Model-mu

Sebagian besar kita pasti memiliki sosok panutan dalam hidup. Mereka biasanya kita sebut ‘role model’ karena memiliki prinsip atau nilai yang sama pada diri kita. Seperti para sahabat yang mengidolakan Rasulullah ﷺ. Mereka ingin selalu di dekat Sang Nabi, bahkan rela bertukar nyawa dengan dirinya. Jika sahabat sampai seperti itu, pasti Rasulullah ﷺ bukanlah sosok …

Lihatlah Siapa Role Model-mu Selengkapnya »

Harus Gak sih Kita Memenangkan Perdebatan?

Seberapa sering kita berdebat dengan orang lain, guys? Gimana rasanya pas menang dalam perdebatan, apalagi dalam urusan agama? Seneng? Merasa pintar? Atau rasanya kayak jadi ahlul debat? Belakangan ini emang muncul hal-hal yang sebagian besar bersebrangan dengan nilai-nilai Islam ya. Childfree, LGBT, Feminisme, dan sebagainya. Bahkan hal-hal di luar urusan agama pun rasanya masih banyak …

Harus Gak sih Kita Memenangkan Perdebatan? Selengkapnya »

Ibadah Rutinitas Belaka?

Kadang aku merenung, “Bagaimanakah wahai diri ini?, ibadah dirasa hanyalah seperti rutunitas belaka”. Rasanya, khusyuk dalam beribadah itu mahal sekali. Namun ya, itu tidak berlaku bagi orang yang berada dalam derajat Ihsan. Nyatanya bukan hanya khusyuk yang bisa ku dapatkan saat berada dalam derajat Ihsan. Diri akan menjadi pribadi yang bersabar, senantiasa ridho akan ketetapan-Nya, …

Ibadah Rutinitas Belaka? Selengkapnya »

Invisible Works

“Udahlah, keberadaan gue juga gak dampak apa-apa buat kalian..” “Kenapa gini doang ya kerjaan gue..” Pernah terlintas ucapan itu? Eits, pada masanya, ada lho yang hampir ‘se-nasib’ kayak gitu.. Dalam kisah Nabi Musa AS, setelah beliau tidak sengaja membunuh seorang lelaki dari bangsa Mesir, Fir’aun pun marah dan memburunya. Tiba-tiba ada seorang pemuda datang dari …

Invisible Works Selengkapnya »

Sayang, Sering Banget Diremehin

Gemuruh dunia sepertinya bukannya tambah berkurang, namun tambah memekik suaranya. Mencekik mereka yang ekonominya dalam garis bawah. Saat gelap mulai menyapa, pemandangan tak asing sering kita jumpai. Alas tidur dadakan ala mereka yang tidur beratapkan langit. Dengan lugunya kita berkata, “Kasihan ya mereka, tidurnya nomaden. Makan pun tak tentu sempurna 3 kali sehari.” Keluguan yang …

Sayang, Sering Banget Diremehin Selengkapnya »

Ketenangan adalah Awal Jalan Keluar

#LightSeekers, pernahkah kalian merasa pusing karena mencari jalan keluar akan permasalahan yang tengah dihadapi? Lucunya, seringkali setelah dipikirkan beberapa kali pun solusi tidak kunjung datang. Hati selalu saja risau dan pikiran bak benang kusut yang mesti kita cari ujungnya. Saat datang situasi seperti itu, cobalah berhenti sejenak, lalu berpikirlah ulang secara perlahan. Karena, mungkin kau …

Ketenangan adalah Awal Jalan Keluar Selengkapnya »

Tetap Santuy di Masa Sulit

#LightSeekers, pernah dengar ‘tahun kesedihan’ yang dialami Rasulullah ﷺ? Suatu masa dimana Rasulullah ﷺ amat bersedih ketika dua orang yang teramat dicintainya wafat. Mereka adalah Khadijah, istrinya dan Abu Thalib, pamannya. Kesedihan itu ditambah dengan penghinaan dan penyiksaan dari kaum kafir Quraisy yang semakin menjadi-jadi. Momen ini sangat membekas pada diri Rasulullah ﷺ. Namun, tidak …

Tetap Santuy di Masa Sulit Selengkapnya »